Senin, 03 Mei 2010

Cara Murah dan Praktis "Make Over" Ruangan

Ingin mengubah ruangan (make over) tanpa biaya besar? Jawabannya, sangat bisa! Caranya, memanfaatkan saja barang-barang lama yang ada di rumah.

Sigit Antoro, arsitek dari PT Jingga Saffron Artistika menyarankan, barang-barang lama yang ada dimunculkan dengan tampilan berbeda. Misalnya, dandang nasi yang sudah tak terpakai, bisa dijadikan aksen manis di ruang tamu sebagai pot tanaman hidup.

Sigit juga mencontohkan pemakaian tirai jendela, yang selama ini hanya menggunakan gorden berlapis vitrase, dan dilengkapi relnya. Padahal, menurut Sigit, gorden bisa diganti dengan selehai selendang atau kain antik pemberian nenek, untuk dijadikan tirai.

"Tak perlu pakai rel lagi, ganti saja dengan kayu. Ruangan dijamin tampil beda dengan pemanis tirai ini. Dinding yang semula polos lalu dipasangi lukisan, pasti akan terlihat hidup dan semarak. Atau, memasang taplak dan karpet bergambar unik di dinding," tutur Sigit seraya menyebutkan penambahan elemen lampu sudut bisa menghangatkan suasana.

Rotasi Barang Lama
Sigit pun mengingatkan, masih banyak orang terjebak saat melakukan make over, berarti harus merombak banyak ruang. Padahal, imbuhnya, hal itu tak perlu dilakukan. Hanya dengan menukar barang seperti bantal, kursi, atau lainnya saja, rumah sudah akan terlihat berbeda.

"Semua yang ada di rumah tinggal dirotasi saja letaknya. Misalnya, yang tadinya ada di kamar tidur, dipindah ke ruang tamu, atau sebaliknya. Bisa juga menambahkan barang yang semula hanya disimpan lama di gudang. Saya yakin, suasana rumah pasti akan berganti lain."

Terkadang, merombak ruangan akan membuat fungsi ruang pun ikut menjadi lain. Misalnya, Sigit mencontohkan, ruang tidur yang terasa sempit, ternyata masih bisa ditambah satu kursi. Selain tempat istirahat, kamar bertambah fungsinya menjadi ruang baca. Apalagi jika ditambah lampu dan meja kecil untuk meletakkan buku-buku bacaan, ruangan pasti akan menjadi semakin manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar